Minggu, 12 Oktober 2014

APLIKASI AHLAK YANG TERPUJI DALAM PENEGAKAN HUKUM YANG MENJAMIN KEPASTIAN HUKUM DAN RASA KEADILAN MASYARAKAT



APLIKASI AHLAK YANG TERPUJI DALAM PENEGAKAN HUKUM YANG MENJAMIN KEPASTIAN HUKUM DAN RASA
 KEADILAN MASYARAKAT
Oleh: Abdul Qodir Jaelani, Dkk.

A. Latar Belakang Masalah
Islam adalah agama universal yang ajarannya mengandung prinsip-prinsip dasar kehidupan, termasuk persoalan sosial, budaya, politik, pendidikan dan hukum serta masalah kenegaraan. Namun suatu realita telah terjadi bahwa Islam sejak awal sejarahnya tidak memberikan ketentuan yang pasti tentang bentuk dan konsep penegakan syari'at Islam dalam suatu negara. Di sinilah letak terjadinya berbagai penafsiran dan upaya untuk merealisasikannya. Karena kapanpun dan dimanapun  arus perubahan yang bergulir, diakui atau tidak, akan mempengaruhi cara berfikir dan prilaku kehidupan masyarakat. Umat Muslim yang hidup bersama Nabi (muslimat al-risalah) memang tidak mengalami hal ini karena disamping belum ada akulturasi budaya, juga di tengah mereka ada seorang Nabi yang selalu menjadi refrensi utama dalam menyelesaikan berbagai persoalan.
Keadaan tersebut berbeda sekali dengan pasca kenabian, Kaum muslim, terutama yang berada di daerah-daerah baru dibuka (muslimat al-futuh) sudah mengenal peradaban yang lebih maju ketimbang peradaban yang ada di jazirah Arabia. Berbagai problempun mengemuka akibat dari akulturasi budaya, dan tuntutan riil dalam kehidupan. Peristiwa hukum sering tidak ditemukan paralelnya dalam al-Qur’an dan Sunnah sehingga sulit membuat acuan penetapan hukum yang tepat. Akibatnya muncul berbagai fatwa hukum yang saling bersebrangan, karena ada yang terlampau rigid dalam memahami nash, dan ada pula yang terlalu “luas”. Perbedaan-perbedaan pendapat yang mengemuka, kemudian terasa sangat tajam, di sinilah letak pentingnya kehadiran metode dan kaidah ijtihad yang akademis dan solutif, untuk meminimalkan perbedaan di tengah masyarakat.
Memahami sejarah fiqih dan ushul fiqih memiliki urgensi yang signifikan bagi umat Islam. Pengetahuan historis atas kedua ilmu ini memberikan satu kejelasan tentang kedudukannya dalam agama Islam, sehingga dapat menghindarkan umat Islam dari misinterpretasi (salah penafsiran) terhadap ketetapan hukumnya. Sesuai dengan sifatnya, kedua ilmu ini bersifat relatif, terbentuk karena adanya kepentingan kondisional terkait dengan pelaksanaan ijtihad para ulama pada masanya. Dengan demikian ketetapan dan rumusannya bukan bersifat mutlak, tidak final, tetapi memungkinkan terjadi perubahan, rekonstruksi, bahkan dekontruksi.
Permasalahan ahlak selalu menarik perhatian cendekiawan di sepanjang sejarah manusia. Naik dan turunnya berbagai peradaban seringkali menghasilkan dimensi penting yang efektif. Permasalahan ahlak dan etika sekarang ini semakin mendapat perhatian banyak agama, negara, pemerintahan, masyarakat dan penegak hukum. Sehingga tidak heran jika topik-topik etika seperti etika penegak hukum menjadi sorotan utama bagi para akademisi, pemerintah, asosiasi masyarakat, Lembaga Swadaya Masayarakat, dan organisasi terkait lainnya. Faktor utama atas kecendrungan baru dalam kajian ahlak penegakan hukum adalah perilaku penegak hukum, (Kepolisian, Kejaksaan dan Hakim), dan Pemerintah yang secara terus menerus melakukan penyimpangan dalam proses penegakan hukum.
Fenomena tersebut tidak saja menandai penyimpangan dalam bidang penegakan hukum, namun kenyataan dari apa yang dikatakan oleh Thomas Lickona yaitu sepuluh tanda-tanda zaman yang harus diwaspadai, karena jika tanda-tanda ini terdapat dalam suatu bangsa, berarti bangsa tersebut sedang berada di tebing kehancuran. Tanda-tanda tersebut antaranya, pertama, meningkatnya kekerasan dikalangan remaja, kedua, penggunaan bahasa dan kata-kata yang memburuk, ketiga, pengaruh peergroup yang kuat dalam tindak kekerasan, keempat, meningkatnya perilaku yang merusak diri, seperti penggunaan narkotika, alkohol, seks bebas dan korupsi, kelima, semakin kaburnya pedoman moral baik dan buruk, keenam, menurunya etos kerja, ketujuh, semakin rendahnya rasa hormat pada orang tua dan guru, kedelapan, rendahnya rasa tanggungjawab individu dan warga negara, kesembilan, membudayanya ketidakjujuran dan kesepuluh, adanya rasa saling curiga dan benci.
Diakui dan disadari atau tidak, perilaku masyarakat kita sekarang terutama aparat penegak hukum, pejabat, remaja dan anak-anak menjadi sangat mengkhawatirkan karena mengarah kepada apa yang disebut oleh Lickona di atas. Meningkatnya kasus penggunaan narkoba, tindak pidana korupsi, pergaulan/seks bebas, maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja, pelanggaran HAM, dan lain-lain menjadi masalah sosial yang hingga saat ini belum dapat diatasi secara tuntas. Berbagai fenomena dan kejadian yang terjadi di atas semakin membuka mata kita bahwa diperlukan satu penanganan yang extra dan ampuh untuk bisa menyelesaikan kasus tersebut. Kata kunci dalam memecahkan persoalan tersebut terletak pada upaya penanaman dan pembinaan kepribadian dan karakter sejak dini yang dilakukan secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi dan masyarakat.
Masalah penegakan hukum adalah merupakan suatu persoalan yang dihadapi oleh setiap masyarakat. Walaupun kemudian setiap masyarakat dengan karakteristiknya masing-masing, mungkin memberikan corak permasalahannya tersendiri di dalam kerangka penegakan hukumnya. Namun setiap masyarakat mempunyai tujuan yang sama, agar di dalam masyarakat tercapai kedamaian sebagai akibat dari penegakan hukum yang formil. Kedamaian tersebut dapat diartikan bahwa di satu pihak terdapat ketertiban antar pribadi yang bersifat ekstern dan di lain pihak terdapat ketenteraman pribadi intern. Demi tercapainya suatu ketertiban dan kedamaian maka hukum berfungsi untuk memberikan jaminan bagi seseorang agar kepentingannya diperhatikan oleh setiap orang lain. Jika kepentingan itu terganggu, maka hukum harus melindunginya, serta setiap ada pelanggaran hukum. Oleh karenanya hukum itu harus dilaksanakan dan ditegakkan tanpa membeda-bedakan atau tidak memberlakukan hukum secara diskriminatif.
Karakteristik hukum sebagai kaedah selalu dinyatakan berlaku umum untuk siapa saja dan di mana saja dalam wilayah negara, tanpa membeda-bedakan. Meskipun ada pengecualian dinyatakan secara eksplisit dan berdasarkan alasan tertentu yang dapat diterima dan dibenarkan. Pada dasarnya hukum itu tidak berlaku secara diskriminatif, kecuali oknum aparat atau organisasi penegak hukum dalam kenyataan sosial telah memberlakukan hukum itu secara diskriminatif. Akhirnya penegakan hukum tidak mencerminkan adanya kepastian hukum dan rasa keadilan dalam masyarakat. Penegakan hukum, tekanannya selalu diletakkan pada aspek ketertiban. Hal ini mungkin sekali disebabkan oleh karena hukum diidentikkan dengan penegakan perundang-undangan, asumsi seperti ini adalah sangat keliru sekali, karena hukum itu harus dilihat dalam satu sistem, yang menimbulkan interaksi tertentu dalam berbagai unsur sistem hukum.
B.  Tinjauan Umum Tentang Akhlaq dan Etika
Perkataan akhlaq berasal dari kata jama’ “khuluqun” yang berarti kejadian, serta erat kaitannya dengan “khaliq” berarti pencipta dan “makhluk” yang diciptakan. Pengertian akhlaq timbul sebagai media yang memungkinkan adanya hubungan baik antara khaliq dengan  mahluq dan antara makhluq dengan makhluq. Ahmad Amin memberikan penjelasan tentang akhlaq. Ahlaq merupakan suatu ilmu yang menjelaskan arti baik (benar) dan buruk (salah). 
Akhlaq di bagi menjadi dua yaitu akhlaq mahmudah dan akhlaq mazmumah. Akhlaq mahmudah (tingkah laku yang baik) dilahirkan dari sifat-sifat tingkah laku yang baik sebaliknya akhlaq mazmumah dilahirkan dari sifat-sifat tingkah laku yang tercela. Adapun akhlaq mahmudah dibagi sebagai berikut: Setia (al-amanah), Pemaaf (al-afwu), Benar (ash-shidiq), Menepati Janji (al-wafa), Adil (al-adl), Memelihara kesucian diri (al-ifafah), Malu (al-haya), Berani (as-syaja’ah), Kuat (al-quwwah), Shabar (as-shabru), kasih sayang (ar-rahman), murah hati (as-sakha’u), tolong menolong (at-ta’awun), dll.
Sedangkan Kata etika (adab) dikenal dalam bahasa Arab sejak pra-Islam. Pemaknaanya berkembang seiring evolusi kultural bangsa Arab. Kata ini tidak pernah memperoleh difinisi baku, ia dipahami bervariasi dari zaman ke zaman dan dari satu konteks ke konteks lain. Pemaknaan tertua dari kata adab mengimplikasikan suatu kebiasaan. Suatu norma tingkah laku praktis, dengan konotasi ganda, yakni: pertama, nilai tersebut dipandang terpuji, kedua, nilai tersebut diwariskan dari generasi ke generasi. Dengan demikian, unsur utama etika ialah muatan nilai baik dan kelanggengan melalui pewarisan antar generasi. Sesuai sifat dasarnya, etika pra islam terkait realitas kesukuan sebagai basis sosial masyarakat arab. Muatan nilai baik dan modus pewarisannya dengan sendirinya merujuk norma kesukuan sebagai unit masyarakat terpenting. Apa yang dipandang baik oleh masyarakat dapat merupakan hal-hal yang memang dipandang baik secara universal. Namun, dapat pula merupakan kebaikan yang hanya dipandang baik oleh masyarakat yang berkenaan dengannya. Kebaikan yang secara nilai bersifat universal dapat pula mengambil bentuk aplikasi yang berbeda dari satu masyarakat ke masyarakat lain.
Seiring dengan datangnya Islam, etika mengalami perkembangan muatan yang sejalan dengan nilai-nilai yang dibawa Islam. Perkembangan ini bisa mengambil bentuk pengenalan nilai baru sebagai bawaan agama baru, atau bisa pula merupakan pengesahan terhadap nilai-nilai bangsa Arab. Nilai lama dapat diakomodir karena sejalan dengan Islam. Setelah Islam datang, etika berarti segenap norma etis maupun praktis yang mengatur kehidupan muslim yang baik.
The American Heritage Dictionary memberi beberapa makna etika salah satunya adalah aturan-aturan atau standar-standar yang mengendalikan tindakan anggota sebuah profesi tertentu. Sementara Al-Jurjani mendifinisikannya pengetahuan yang menghinfarkan seseorang dari segala kesalahan. Dengan demikian, dalam aplikasinya yang generik, etika terkait dengan kehidupan apa saja. Setiap nilai, aturan petunjuk dan praktik yang menjamin kesempurnaan sesuatu dapat di masukkan ke dalamnya secara longgar.
Pesatnya perkembangan peradaban Islam mendorong munculnya rumusan etika yang secara spesifik dipandang berlaku pada profesi atau aktivitas tertentu dengan ruang lingkup lebih luas ketimbang profesi kependidikan. Setidaknya, sejak awal zaman Abbasiyah, dalam Islam dikenal rumusan etika sekretaris (adab al-katib), pemberi fatwa hukum (adab al-mufti), hakim (adib al-qadi), penuntut ilmu (adab al-muta’allim), penguasa (adab al sultan) dan sebagainya.
C. Aplikasi Akhlaq Dalam Penegakan Hukum
Al-Qur’an adalah shahih li kulli zaman wa makan. Pernyataan ini tidak salah karena banyak para cendikiawan yang menekuni kajian sains and religions mengakui hal tersebut. Hal inilah yang menjadikan diskursus seputar penafsiran al-Qur’an tidak pernah selesai diperdebakan. Dalam diskursus penafsiran al-Qur’an yang berkembang di Indonesia sejak abad ke-17 sampai sekarang terus berkembang. Perkembangan tersebut dapat ditemui secara tradisional dan modern, secara tradisional tempat-tempat kajian al-Qur’an di Indonesia dapat dijumpai  pada Surau, Langgar, Masjid hingga pesantren. Bahkan pesantren sampai saat ini masih menjadi sentral kajian al-Qur’an, walaupun pesantern bukan hanya mengajarkan al-Qur’an saja. Dari pesantren inilah kajian al-Qur’an kemudian merambah dan berkembang pada fase yang lebih modern seperti, Perguruan Tinggi Agama Islam baik negeri maupun swasta.
Seperti sudah diuraikan di atas akhlaq di bagi menjadi dua yaitu akhlaq mahmudah dan akhlaq mazmumah. Akhlaq mahmudah (tingkah laku yang baik) dilahirkan dari sifat-sifat tingkah laku yang baik sebaliknya akhlaq mazmumah dilahirkan dari sifat-sifat tingkah laku yang tercela. Adapun akhlaq mahmudah dibagi sebagai berikut: Setia (al-amanah), Pemaaf (al-afwu), Benar (ash-shidiq), Menepati Janji (al-wafa), Adil (al-adl), Memelihara kesucian diri (al-ifafah), Malu (al-haya), Berani (as-syaja’ah), Kuat (al-quwwah), Shabar (as-shabru), kasih sayang (ar-rahman), murah hati (as-sakha’u), tolong menolong (at-ta’awun), dll.
Pembagian dua macam akhlaq ini memperjelas bahwa ajaran islam memberikan perhatian yang sangat serius terhadap kepentingan perorangan dan kepentingan sosial. Hak-hak perseorangan menjadi terbatas jika disalahgunakan sehingga menimbulkan kesulitan atau kemelaratan bagi orang lain atau jika bertentangan dengan kepentingan umum. Kerangka berfikir inilah yang mendasari akhlaq perlu dikembangkan. Akhlaq dengan demikian berangkat dari sebuah pandangan bahwa mengatasi masalah hukum yang kompleks dianggap sebagai misi utama syari’at. Hal ini sejalan dengan pendapat Ibnu Taimiyyah bahwa tujuan utama dan pertama dengan kehadiran syari’ah ialah untuk mewujudkan kemaslahatan sesempurna mungkin dan menolak total mafsadah atau paling tidak menekannya seminimal mungkin.
Jika akhlaq secara nyata memberikan implikasi bagi perbaikan masalah penegakan hukum maka akhlaq dianggap berperan sebagai agen paling efektif serta menentukan dalam memperbaiki penegakan hukum yang menjadi masalah hukum saat ini. Jika akhlaq diterapkan dalam ranah penegakan hukum, maka akan diasumsikan akan menjadi variabel yang bisa mendorong perubahan pada ranah aparat penegak hukum. Asusmsi ini di dasarkan pada pendapat Sztompka bahwa masyarakat berubah karena idea: pandangan hidup, pandangan nilai dan pandangan dunia. Nilai dalam konteks ini dipahami sebagaimana rumusana Carl Rogers bahwa nilai (value) adalah:
Tendency of any living beings to show preference, in their actions, for one kind of object or objectives rather than another.
Hal ini dibenarka oleh Talcott Persons yang mengungkapkan bahwa nilai dalam pengertian tersebut menjadi preference (pilihan) dari seorang menjadi ukuran kepatutan dan kepantasan. Seorang akan melakukan atau tidak melakukan suatu perbuatan tergantung pada sistem nilai yang dipegangnya. Berkaitain dengan hal nilai, Reaven secara khusus merumuskan bahwa:
Social values are set of society attitude consideret as truth and is become the standard for people to act in order to achieve democratic and harmonious life.(Nilai-nilai sosial merupakan seperangkat sikap masyarakat yang dihargai suatu kebenaran dan dijadikan standar bertingkah laku guna memperoleh kehidupan masyarakat yang demokratis dan harmonis.

Penegakan hukum pada prinsipnya harus dapat memberi manfaat atau berdaya guna (utility) bagi masyarakat, namun di samping itu masyarakat juga mengharapkan adanya penegakan hukum untuk mencapai suatu keadilan. Kendatipun demikian tidak dapat kita pungkiri, bahwa apa yang dianggap berguna (secara sosiologis) belum tentu adil, begitu juga sebaliknya apa yang dirasakan adil (secara filosopis), belum tentu berguna bagi masyarakat. Dalam kondisi yang demikian ini, masyarakat hanya menginginkan adanya suatu kepastian hukum, yaitu adanya suatu peraturan yang dapat mengisi kekosongan hukum tanpa menghiraukan apakah hukum itu adil atau tidak. Kenyataan sosial seperti ini memaksa pemerintah untuk segera membuat peraturan secara praktis dan pragmatis, mendahulukan bidang-bidang yang paling mendesak sesuai dengan tuntutan masyarakat tanpa perkiraan strategis, sehingga melahirkan peraturan-peraturan yang bersifat tambal sulam yang daya lakunya tidak bertahan lama. Akibatnya kurang menjamin kepastian hukum dan rasa keadilan dalam masyarakat. Kepicikan pandangan yang hanya melihat hukum sebagai alat pengatur dan penertib saja, tanpa menyadari keserasian hubungannya dengan dimensi-dimensi lain, akan melahirkan produk dan konsep yang kaku tanpa cakrawala wawasan dan pandangan sistemik yang lebih luas dalam menerjemahkan perasaan keadilan hukum masyarakat.
Substansi undang-undang sebaiknya disusun secara taat asas, harmoni dan sinkron dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Untuk itu harus dilakukan dengan mengabstraksikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 kemudian menderivasi, yakni menurunkan sejumlah asas-asas untuk dijadikan landasan pembentukan undang-undang. Semua peraturan-peraturan hukum yang dikeluarkan secara sektoral oleh departemen-departemen yang bersangkutan harus serasi dan sinkron dengan ketentuan undang-undang. Perlu kita maklumi bahwa banyak peraturan undang-undang sering tidak berpijak pada dasar moral yang dikukuhi rakyat, bahkan sering bertentangan.
Pada taraf dan situasi seperti ini, kesadaran moral warga masyarakat tentu saja tidak akan lagi selalu sama dan sebangun dengan kesadaran hukum rakyat. Hukum yang dikembangkan dari cita pembaharuan dan pembangunan negara-negara nasional pun karenanya akan memerlukan dasar legitimasi lain, yang tak selamanya dipungut begitu saja dari legitimasi moral rakyat yang telah ada selama ini. Hukum-hukum ekonomi, lalu lintas dan tata kota yang mendasarkan diri maksud-maksud pragmatis jelaslah kalau terlepas dari kesadaran moral tradisional. Dalam pelaksanaan penegakan hukum, keadilan harus diperhatikan, namun hukum itu tidak identik dengan keadilan, hukum itu bersifat umum, mengikat setiap orang, bersifat menyamaratakan. Setiap orang yang mencuri harus dihukum tanpa membeda-bedakan siapa yang mencuri. Sebaliknya keadilan bersifat subjektif, individualistis dan tidak menyamaratakan. Adil bagi seseorang belum tentu dirasakan adil bagi orang lain.
Aristoteles dalam buah pikirannya “Ethica Nicomacea” dan “Rhetorica” mengatakan, hukum mempunyai tugas yang suci, yakni memberikan pada setiap orang apa yang berhak ia terima. Anggapan ini berdasarkan etika dan berpendapat bahwa hukum bertugas hanya membuat adanya keadilan saja (Ethische theorie). Tetapi anggapan semacam ini tidak mudah dipraktekkan, maklum tidak mungkin orang membuat peraturan hukum sendiri bagi tiap-tiap manusia, sebab apabila itu dilakukan maka tentu tak akan habis-habisnya. Sebab itu pula hukum harus membuat peraturan umum, kaedah hukum tidak diadakan untuk menyelesaikan suatu perkara tertentu. Kaedah hukum tidak menyebut suatu nama seseorang tertentu, kaedah hukum hanya membuat suatu kualifikasi tertentu. Kualifikasi tertentu itu sesuatu yang abstrak. Pertimbangan tentang hal-hal yang konkrit diserahkan pada hakim.
D. PENUTUP
Dari apa yang telah dipaparkan di atas dapat disimpulkan bahwa keberadaan nilai-nilai dasar hukum adalah keadilan, kegunaan dan kepastian hukum. Pada taraf dan situasi seperti ini, kesadaran moral warga masyarakat tentu saja tidak akan lagi selalu sama dan sebangun dengan kesadaran hukum rakyat. Hukum yang dikembangkan dari cita pembaharuan dan pembangunan negara-negara nasional pun karenanya akan memerlukan dasar legitimasi lain, yang tak selamanya dipungut begitu saja dari legitimasi moral rakyat yang telah ada selama ini. Hukum-hukum ekonomi, lalu lintas dan tata kota yang mendasarkan diri maksud-maksud pragmatis jelaslah kalau terlepas dari kesadaran moral tradisional. Dalam pelaksanaan penegakan hukum, keadilan harus diperhatikan, namun hukum itu tidak identik dengan keadilan, hukum itu bersifat umum, mengikat setiap orang, bersifat menyamaratakan. Setiap orang yang mencuri harus dihukum tanpa membeda-bedakan siapa yang mencuri. Sebaliknya keadilan bersifat subjektif, individualistis dan tidak menyamaratakan. Adil bagi seseorang belum tentu dirasakan adil bagi orang lain.
Upaya-upaya pemberdayaan nilai-nilai etika ke dalam penegakan hukum yang menjamin kepastian hukum dan rasa keadilan masyarakat dapat dilakukan dengan memasukkan nilai-nilai dasar hukum dalam sistem hukum positif, mengembangkan sosiali-sharing dalam hukum, dan internalisasi nilai-nilai religio-magis menjadi nilai kepercayaan kepada Tuhan yang Maha Esa.



DAFTAR PUSTAKA
Abdul Qodir Jaelani, Urgensi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Hukum Pada Program Studi Ilmu Hukum UIN Sunan Kalijaga Dalam Membangun Pradigma Hukum Progresif di Indonesia Dalam Mahasiswa dan Masa Depan Bangsa , Yogyakarta: Bagian Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2014. 
Ali Sodiqin, Fiqih Ushul Fiqih: Sejarah, Metodologi, dan Implementasinya di Indonesia, Yogyakarta: Beranda, 2012.
Bambang Sutiyoso, Reformasi Keadilan dan Penegakan Hukum di Indonesia, Yogyakarta: UII Press, 2010.
Hamzah Yaqub, Etika Islam: Pembinaan Akhlaqulkarimah Suatu Pengantar, Bandung: Diponegoro, 1978.
Hasan Asari, Etika Akademis Dalam Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008. 
Ihromi, Keadilan di Berbagai Ruangan: Lembaga Peradilan, Penataan Masyarakat Serta Hukum Rakyat dalam Antropologi Hukum, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2001.
John Rawls, A Theory of Justice, London: Oxford University press, 1973.
M. Nurdin Zuhdi, Pasarnya Tafsir Indonesia: dari Kontestasi Metodologi hingga Kontekstualisasi, Yogyakarta: KAUKABA, 2014.
Priyatno dan Manullang, Pendidikan Karakter Dalam Pembangunan Bangsa, Medan: UNIMED, 2010.
Satya Arinanto, Memahami Hukum dari Konstruksi Sampai Implementasi, Jakarta: Rajawali Press,  2009.
Soetandyo Wignjosoebroto, Hukum, Paradigma, Metode dan Dinamika Masalahnya, Jakarta: ELSAM dan HUMA, 2002.
Sudikno Mertokusumo, Bab-bab Tentang Penemuan Hukum, Yoyakarta: Citra Aditya Bakti, 1993.
Thomas Lickona, Raising Good Children: From Birth Through the Tenage Year  New York: Bantam Books, 1994.
Umar Sholehudin, Hukum dan Keadilan Perspektif Kajian Sosiologi Hukum, Malang: Setara Press, 2011.  
Yusdani, dkk, Pribumisasi Hukum Islam: Pembacaan Kontemporer Hukum Islam di Indonesia, Yogyakarta: Kaukaba Bentang Aksara Galang Wacana, 2012.
Zubaedi, Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pesantren: Kontribusi Fiqh Kiai Sahal Mahfudh dalam Perubahan Nilai-Nilai Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar